Cari Blog Ini

Kamis, 16 September 2010

SEJARAH VISUAL KEI DAN JENISNYA part 2

Konnichiwa!!!!
Ini adalah postinganku tentang sejarah V-kei. Aku dapat sejrah ini dari sebuah blog yang bagus. Walaupun postingannya agak kurang. Hehehehe. But, thanks buanget, dah! Hehehehe.
Aku posting sejarah ini lagi karena aku rasa ini up to date dengan perkembangan V-kei saat ini.
Ini postinganku sebelumnya:

http://ifahpotter.blogspot.com/2010/06/sejarah-visual-kei-dan-jenisnya.html

Just enjoy! ;)


Visual Kei berasal dari Kata Bijuaru (ビジュアル: Visual) dan Kei (系: System). Visual Kei adalah sebuah bentuk Kebudayaan Modern yang berasal dari Japan. Visual Kei mengarah pada suatu gerakan diantara para musisi di Asia khusus Jepang, yang dicirikan oleh penggunaan style yang eksentrik, terkadang nampak flamboyan. Hal ini biasanya melibatkan penggunaan make-up yang mencolok, gaya rambut yang tidak biasa, dan sering kali dengan pemakaian kostum yang rumit. Ditambah dengan kesan berkelamin dua, para lelaki Visual Kei terlihat seperti layaknya seorang perempuan, dan begitu juga sebaliknya, namun hal ini tidak selalu terjadi dalam Visual Kei.


★ CIRI-CIRI VISUAL KEI SECARA FISIK:
► Mereka secara fisik terlihat dengan ciri-ciri make up yang mencolok penuh dengan aroma kegelapan (kecuali pada cabang Style Visual Kei, salah satunya yang bernama Oshare Kei, pada cabang ini, dandanan yang terlihat malah sebaliknya dari kesan kegelapan), ditambah dengan gaya potongan rambut yang dramatis serta memikat perhatian, dan memakai kostum yang sangat rumit serta penuh aksesoris.





★ PENGARUH VISUAL KEI DALAM BERMUSIK:
► Pengaruh Visual Kei sebagai Salah satu Kebudayaan Murni Musik Modern Asia Khususnya Japan:

PENGERTIAN DAN SEJARAH
Visual Kei Music Style adalah gaya musik yang tidak terpaku pada satu jenis Musik, mereka membawakan Pesan dalam lyric dan syair melalui berbagai jenis Musik, namun ada beberapa perbedaan jenis Musik yang mereka bawakan dengan Musik yang sama tapi dengan mode penyampaian yang berbeda. Ada yang berpendapat, bahwasanya Musik Visual Kei memiliki ciri khas dengan nada yang melodic, berisi pesan penyemangat jiwa disertai lirik yang membangun, walaupun terkadang lyric yang disampaikan murni ber.aura kesedihan namun selalu dengan ending yang berisi pesan untuk memperjuangkan kehidupan serta cita-cita. Nanun hal itu tidak bisa dijadikan tolak ukur kalau Visual Kei adalah genre Musik, karena pada faktanya tak jarang pula lagu-lagu dari Musisi Visual Kei itu mengandung makna lirik tentang kesakitan, kerusakan, bahkan romantisme, dsb.

Pada awal terbentuknya Visual Kei, lyric-lyric lagu atapun sastra yang dibuat banyak mengkritisi Kebijakan Kolonialisme Pemerintah Jepang pada Masa itu serta Pemanfaatan Negara lain oleh Jepang untuk dijadikan Prajurit yang membantu Jepang dalam menghalau Bangsa Barat dari wilayah Pasifik. Pesan yang dialurkan sarat akan perdamaian, cinta tanah air, kehidupan serta kematian, dan kepahlawanan. Namun seiring berjalannya waktu dan perdamaian yang mereka inginkan sudah tercipta, lyric-lyric serta pesan yang disampaikan pun berubah menjadi pesan penyemangat, dengan lirik yang membangun dengan tujuan memperjuangkan serta memperbaiki kehidupan, menyembuhkan depresi, serta menumbuhkan kembali impian bagi Masyarakat Jepang Pasca Perang Dunia II, dan juga sebagai bentuk Kampanye mencegah dari adanya tindak Bunuh Diri karena Depresi yang kuat yang sering terjadi dikalangan Bangsa Jepang pada Masa itu.



ERA POPULER
Visual Kei Music Style muncul pada akhir tahun 1970-an (Namun, bukti kehadiran, bahkan pada awal 70-an perlu dicatat,) yang dipelopori oleh band-band seperti X JAPAN, D'Erlanger, Saver Tiger, Buck-Tick, dan Color.

Kata yang disebut Visual Kei diciptakan dengan "PSYCHEDELIC VIOLENCE CRIME OF VISUAL SHOCK" yang merupakan slogan dari X JAPAN.



Pada tahun 1992, X JAPAN meluncurkan sebuah Album untuk memasuki pasar Eropa dan Amerika, tapi butuh 8 tahun lagi sampai popularitas dan kesadaran akan keberadaan Band Visual Kei meluas di seluruh dunia seperti saat ini.

Pada pertengahan 1990-an, Visual Kei menerima peningkatan popularitas di seluruh Jepang, dan penjualan album dari band-band Visual Kei mulai mencapai angka rekor yang sangat Luar Biasa. Band yang paling menonjol untuk mencapai keberhasilan selama periode ini adalah, X JAPAN, GLAY, dan Luna Sea, namun perubahan drastis dalam penampilan mereka ikut serta dengan bertambahnya kesuksesan mereka.

Selama periode yang sama, band-band seperti Kuroyume, L'Arc~en~Ciel, Malice Mizer, dan Penisilin, mendapatkan perhatian utama oleh Penikmat musik Asia, walaupun mereka tidak sesukses X JAPAN sebagai salah satu penyumbang sekaligus pengembang mode musik asli Asia pada Dunia.




ERA KEMUNDURAN
Pada tahun 1999, arus utama dalam Visual Kei popularitas menurun, diawali dengan bubarnya X Japan, dan kematian Sang gitaris, Hideto Matsumoto pada tahun 1998 telah menyangkal kemungkinan akan kembalinya X Japan dalam kancah permusikan Dunia seperti yang diharapkan oleh seluruh Penikmat Musik Rock pada masa itu. Tak lama kemudia, dua icon besar Visual Kei, Luna Sea dan Malice Mizer juga memutuskan untuk bubar, tepatnya sekitar tahun 2000.

ERA KEBANGKITAN
Pada 2007, genre telah direvitalisasi, Visual Kei mulai kembali menempati Kursi utama sebagai Pandangan Mode dalam Bermusik Anak Asia terutama Japan. seperti Luna Sea dan Beberapa Perusahaan Mayor Label yang mendukung eksistensi Visual Kei mulai melakukan satu kali kinerja, dimulai dari perekrutan Band-band Visual Kei berbakat yang belum memiliki label lalu menerbangkannya di langit Permusikan Japan, Asia, kemudian Dunia, dan X Japan bersatu kembali, mereka lalu menciptakan sebuah single dan tur dunia. Dengan perkembangan Luar Biasa ini, Karya-karya band-band Visual Kei sekarang ini bisa dinikmati kembali oleh publik, dan membangkitkan kembali kesadaran publik, yang digambarkan oleh media sebagai "Neo-Visual Kei".





★ CABANG-CABANG VISUAL KEI:
► ヴィジュアル系・V系・Indies-Visual Shock (Extreme)
Genre ini diciptakan oleh X JAPAN. Hingga saat ini, Genre ini telah melahirkan Subgenre dengan tetap mempertahankan beberapa elemen yang sama, Subgenre-subgenre itu adalah::

■ イカレ系- (Ikare Kei)
example: yuuga solo project, deadly sanctuary, kiga, chateau la tour, devil kitty, Kar'MariA

■ オシャレ系- (Oshare Kei)
example:
(first band: baroque | first musician: hide)
LM.C, Sug, rucid, shoujou lolita 23 q, an cafe, charlotte, irokui, jewelry, jack11, aikuru, spread beaver (rocket dive), himeyuri, megamasso, serial⇔number, black jack, ruvie, eimy→☆, kazari, etc.

■ コテ系- (Kote Kei)
example:
first recording label: matina
D, glammy, ivys, metis gretel, celia'xeno, mercurius, cuartet, phantasmagoria, the piass, -oz-, dio, ghost, panikku, black;list, nanashi, azalea, mist of rouge, 12012, gazetto (matina), syndrome, lar~mia, lost name, etc

■ 名古屋系- (Nagoya Kei)
example: the pumpkin head, deathgaze, gullet, berry, sugar, jaguar, teddy, dummy children, gazelle, emmuree, tosinn, cocklobin, etc.

■ 渋谷系- (Shibuya Kei)
example: spiral life, ピチカート・ファイヴ, オリジナル・ラヴ, フリッパーズ・ギター, コーネリアス, etc.

■ アングラ系- (Angura Kei)
example: kalimero, heidi., metronome, SHILFEE AND TULIPCOROBOCKLES, jinkaku radio, It, inugami circus dan, guruguru ekigan, floppy, etc.

■ パンック- Ultra (Punk)
example: antifeminism, +isolation, piass etc.

■ エログロ系- (Eroguro Kei)
example: Velvet Eden, MUCC, Merry, cali≠gari etc.

■ ガイジン系- (Gaijin Kei)
example: Lamia, Eqlipse, Resonance etc.

■ コイ系- (koi kei) Neo-Visual
example: the gazette, kra, alicenine, miyavi, kagrra, screw, sug, bis etc.

■ ルネッサンス系- (Renaissance Kei) Mediteranian
example: Malice Mizer, Versailles etc.

■ Neo Traditional-
example: irodori, byakura, kagrra, kurara zero shiki, kiryu etc.

■ UNGLOUDROCK-
example: GLAMMY, L-Seven, The Social Faker etc.


credits : http://yamji-arch.blogspot.com/2010/01/visual-kei.html

2 komentar:

  1. SUG, masuk oshare juga masuk neo-visual???
    itu yg neo-visual kan masih 1label (PSC, itu cuma sebutan bwt aliran selabel mereka). klo aku ecara pribadi lebih suka klo sebutan mereka modern-visual, jgn neo-visual, soalnya klo "neo" itu punya kelas terendiri... dibilang neo jg gimana gitu, PSC kan kebanyakan pake yg casual2, jarang pake outfit.

    BalasHapus
  2. Wah... gimana, ya? aku juga co-pas sih.. hehehehe... ^^;
    kalo masalah SUG masuk Oshare atau tidak. aku juga nggak terlalu tau. soalnya aku fans Alicenine dan laruku, nggak begitu suka band lain. Tapi, setelah saya selidik. saya dapati foto SUG bergaya Neo-Vkei dan oshare kei. mungkin mereka beralih genre, ya? IDK.
    Yah.... masalah label.... sebenarnya sangat dalam... aku juga tau, kok, masalah label band-band kek ginian. tapi malas setelah tau fakta dibalik label band-band ginian...
    ah.... jadi eneg bahas vkei...
    ==;
    yah... intinya.... kebanyakan label band vkei, pada intinya punya satu label utama. yah... itu tadi... PSC.... jadi, jgn heran kalau ada band vkei yang awalnya neo tiba2 jadi oshare, atau sebaliknya....
    dan... keran banyak band vkei... harap maklum aja kalau postingannya nggak terlalu tepat.. hehehehe...
    saya cuman co-pas karena menarik...
    Domo......

    BalasHapus

Leave Your comment!